Bandingkan Daftar

Tips Aman Beli Rumah Lewat Agen Properti

Tips Aman Beli Rumah Lewat Agen Properti

Baru-baru ini, seorang calon konsumen properti melaporkan aksi penipuan yang dilakukan saat beli rumah lewat agen properti. Agar terhindar dari kasus yang merugikan seperti ini, apa yang harus Anda perhatikan?

RumahCom – Keterbatasan waktu dan pengetahuan mendasari beberapa orang akhirnya memutuskan untuk beli rumah lewat agen properti alias broker. Selain lebih praktis dan mudah, agen properti berperan layaknya asisten pribadi yang mampu memberikan informasi terkini terkait properti incaran Anda. Meski demikian, dalam memilih agen properti tentu tidak boleh sembarangan.

Harus diperhatikan dengan jelas dari mana agen properti tersebut berasal, siapa perusahaan broker yang menaunginya, hingga seperti apa track record­-nya. Hal ini sangat krusial karena saat beli rumah lewat agen properti, uang yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Untuk membantu Anda membeli rumah lewat agen properti dengan aman dan mudah, berikut ini poin-poin yang akan dibahas terkait hal tersebut:

1. Menilai Kredibilitas Agen Properti
a. Memiliki Reputasi yang Baik
b. Berpengalaman dan Memiliki Sertifikat Penghargaan
c. Jaringan Bisnis yang Luas dengan Penawaran Menarik
2. Proses Beli Rumah Lewat Agen Properti
3. Keunggulan Beli Rumah Lewat Agen Properti
a. Mendapatkan Banyak Pilihan Properti
b. Legalitas Keamanan Terjamin
c. Praktis, Hemat Waktu dan Biaya
d. Memudahkan Pengurusan Akta Jual Beli (AJB) di Notaris
e. Memudahkan Pengurusan Validasi PBB, BPHTB, BBN, dan PPH
f. Dapat Relasi Kontraktor dan Arsitek Jika Perlu Renovasi
4. Tips Aman Beli Rumah Lewat Agen Properti
a. Jangan Serahkan Uang DP ke Agen
b. Biaya Legalitas Diketahui Bersama
c. Administrasi Terkait KPR
d. Bayar Komisi di Akhir
e. Pantau Semua Transaksi
5. Siapa yang Membayar Jasa Agen?

Langsung saja simak pembahasan pertama berikut ini!

1. Menilai Kredibilitas Agen Properti


Bagaimana cara pilih agen properti yang tepat saat beli rumah lewat agen properti? (Foto:Unsplash)

Ingatlah bahwa membeli rumah bukanlah hal yang mudah dan murah, jadi pastikan Anda memilih agen properti yang kredibel. Setidaknya, ada tiga hal terpenting yang harus Anda ketahui dalam menilai kredibilitas seorang agen properti saat Anda memutuskan untuk membeli rumah lewat agen properti.

1) Memiliki Reputasi yang Baik

Ketika membeli rumah lewat agen properti, mintalah tanda pengenal dan ketahui dengan pasti alamat kantor agen tersebut. Agensi properti yang terkemuka pasti terdaftar dalam perkumpulan atau asosiasi jasa broker. Agen properti yang terikat dengan sebuah perusahaan jasa properti umumnya lebih profesional dalam melakukan tugas dibanding dengan agen lepas.

2) Berpengalaman dan Memiliki Sertifikat Penghargaan

Menjadi agen properti bukanlah hal yang mudah, jadi semakin banyak pengalamannya, logikanya agen properti telah terbukti integritas dan profesionalitasnya. Saat beli rumah lewat agen properti, ada baiknya juga Anda cari agen yang bersertifikat Uji Kompetensi Sertifikasi Skema Broker Properti oleh LSP Broker Properti Indonesia.

3) Jaringan Bisnis yang Luas dengan Penawaran Menarik

Agen properti yang berpengalaman pastinya akan memiliki jaringan bisnis yang luas. Cari tahu apakah agen properti Anda memiliki kerja sama dengan developer atau investor properti. Selain itu, penting juga untuk mencari agen yang memiliki jaringan dengan pihak perbankan, agar dalam membeli rumah lewat agen properti, Anda lebih mudah mendapat sumber pembiayaan.

2. Proses Beli Rumah Lewat Agen Properti


Apa saja langkah-langkah beli rumah lewat agen properti? (Foto:Pexels)

Dalam proses membeli rumah lewat agen properti, langkahnya kurang lebih akan sama dengan yang tidak menggunakan. Bedanya proses akan lebih efektif dan efisien, lantaran semuanya akan diurus langsung oleh agen properti. Sambil menunggu rekomendasi agen properti, Anda bisa simak ulasan properti incaran dengan tiga kamar tidur berharga Rp 600-700 juta berikut ini.

Jika dirangkum, berikut tahapan proses membeli rumah lewat agen properti:

Setelah menemukan agen properti yang sesuai, konsultasikan lokasi properti yang diinginkan, tipe hunian dan fasilitasnya, serta anggaran yang Anda miliki.
Selanjutnya agen properti akan menyerahkan beberapa daftar pilihan properti yang bisa Anda seleksi. Kerucutkan paling sedikit tiga opsi, dan minta agen untuk mengatur jadwal survei langsung ke lokasi.
Jika sudah melihat proyek properti yang diinginkan serta mendapatkan semua informasinya secara jelas, buat keputusan hunian mana yang Anda pilih. Kemudian sampaikan hal ini kepada agen properti agar bisa masuk ke tahap jual beli properti.
Bila beli rumah lewat agen properti dengan sistem KPR, proses jual beli properti tentu akan melibatkan urusan kredit di perbankan dan membutuhkan sejumlah berkas. Jangan khawatir, agen properti akan mengurus semua langkah ini tentunya dengan kehadiran Anda pada beberapa sesi tertentu.

3. Keunggulan Beli Rumah Lewat Agen Properti


Beli rumah lewat agen properti lebih praktis dan hemat waktu. (Foto: Pexels)

Memang ada kelebihannya sendiri jika Anda bisa mengurus pembelian rumah secara mandiri. Apalagi Anda tidak perlu lagi membayar komisi agen properti. Bagi Anda yang masih ragu, berikut ini beberapa kelebihan beli rumah lewat agen properti untuk Anda pertimbangkan.

1) Mendapatkan Banyak Pilihan Properti

Jika mengurus sendiri mungkin Anda mungkin akan bingung harus mulai dari mana, atau kewalahan karena terlalu banyak pilihan di pasaran. Tapi dengan beli rumah lewat agen properti, Anda akan dihubungkan dengan rumah yang sesuai kriteria Anda karena umumnya agen properti sudah memiliki area spesialis mereka masing-masing.

2) Legalitas Keamanan Terjamin

Agen properti dari asosiasi broker yang terjamin sudah pasti integritasnya, jadi Anda bisa mengurangi risiko penipuan. Karena sebelum agen memasarkan properti penjual, mereka biasanya melakukan pengecekan legalitas, jadi beli rumah lewat agen properti sudah jelas status hukum dan kepemilikannya.

3) Praktis, Hemat Waktu dan Biaya

Dengan beli rumah lewat agen properti, Anda akan langsung diarahkan ke properti yang paling sesuai kriteria. Urusan dokumen penting dan skema pembayaran pun akan jadi lebih mudah dan cepat. Dengan begitu, Anda tidak perlu keluar banyak energi, biaya maupun waktu. Praktis, bukan?

4) Memudahkan Pengurusan Akta Jual Beli (AJB) di Notaris

Mengurus akta jual beli (AJB) adalah salah satu tahapan yang penting dalam jual beli properti. Prosesnya pun tidak gampang. Jika Anda beli rumah lewat agen properti, Anda tidak perlu pusing karena proses ini akan dibantu oleh agen properti juga sampai selesai.

5) Memudahkan Pengurusan Validasi PBB, BPHTB, BBN, dan PPH

Agen properti yang berpengalaman pasti sudah paham soal aspek hukum dalam jual beli rumah. Dokumen lain seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Bea Balik Nama (BBN), Pajak Penghasilan (PPH) bisa jadi bagian yang memusingkan buat Anda. Tidak perlu khawatir, karena jika beli rumah lewat agen properti, hal ini juga akan dibantu pengurusannya oleh agen properti

6) Dapat Relasi Kontraktor dan Arsitek Jika Perlu Renovasi

Selain selama proses membeli rumah lewat agen properti, ada juga layanan purna jual dari agen properti. Misalnya, jika Anda hendak melakukan renovasi, mereka bisa menghubungkan Anda dengan kontraktor dan arsitek yang dibutuhkan. Ini dilakukan untuk menjaga kepuasan pelanggan yang membeli rumah dengan agen properti.

4. Tips Aman Beli Rumah Lewat Agen Properti


Pastikan Anda mengurus transaksi keuangan sendiri meskipun beli rumah lewat agen properti. (Foto: Pixabay)

Tidak bisa dipungkiri, proses jual beli properti boleh jadi merupakan sasaran empuk bagi oknum penipu sebab menyangkut adanya uang dalam jumlah besar, tidak terkecuali saat beli rumah lewat agen properti. Nah, agar terhindar dari kasus yang merugikan seperti ini, berikut solusi aman beli rumah lewat agen properti.

1) Jangan Serahkan Uang DP ke Agen

Meski Anda sudah percaya 100% kepada agen properti yang membantu Anda, tetap saja urusan pembayaran sebaiknya Anda lakukan sendiri. Baik membeli dari developer atau perorangan. bayarkan uang Anda langsung kepada mereka tanpa perantara.

2) Biaya Legalitas Diketahui Bersama

Mengingat biaya terkait legalitas dan pajak-pajak pembelian properti jumlahnya tidak sedikit, maka Anda sangat dituntut untuk mencari tahu hitungan dan jumlah sebenarnya melalui notaris atau PPAT. Jangan percaya begitu saja dengan nominal yang disebutkan saat beli rumah lewat agen properti. Pembayaran biaya legalitas dan perpajakan juga harus Anda lakukan sendiri.

3) Administrasi Terkait KPR

Apabila melakukan pembelian dengan fasilitas KPR, Anda bisa menyerahkan urusan berkas persyaratan kepada agen properti. Sementara untuk biaya yang wajib dibayarkan ke bank seperti biaya appraisal, asuransi, notaris dan biaya lain, hendaknya dibayar langsung tanpa melibatkan agen properti.

4) Bayar Komisi di Akhir

Untuk menghindari tindak penipuan, komisi agen properti hendaknya dibayarkan penuh setelah seluruh proses beli rumah lewat agen properti selesai. Anda patut curiga apabila agen properti memaksa meminta fee di depan, kendati hanya uang muka komisi dalam jumlah yang tidak sedikit.

5) Pantau Semua Transaksi

Pastikan Anda mengetahui segala jenis transaksi beli rumah lewat agen properti yang terjadi dalam proses jual beli properti. Hal ini akan sekaligus menjaga keamanan data diri Anda sekaligus dana yang Anda miliki. Di lain sisi, mengetahui detail dari semua proses akan memberikan Anda edukasi yang berguna untuk pembelian properti selanjutnya.

5. Siapa yang Membayar Jasa Agen?


Komisi agen properti umumnya dibayar oleh penjual rumah. (Foto:Pixabay)

Pertanyaan ini acap kali menghampiri pikiran banyak orang yang berencana membeli rumah lewat agen properti. Perlu diketahui, umumnya yang harus memberikan komisi adalah penerima pembayaran atau penjual. Namun bisa juga ditanggung bersama antara penjual dan pembeli sesuai kesepakatan. Di Indonesia, ada dua kategori agen properti yang umum dengan komisi yang beragam:

Agen properti tradisional/independen atau kerap disebut calo. Umumnya tergantung pada negosiasi penjual dan pembeli. Kadang mereka tidak meminta dalam bentuk persentase, tapi langsung mematok nominal tertentu.
Agen properti formal. Seperti yang dijelaskan Kementerian Perdagangan, telah menetapkan jumlah besaran komisi dalam Permendag No 51 tahun 2017. Pada pasal 12, disebutkan bahwa komisi (marketing fee) agen properti formal adalah sebesar 2 hingga 5% dari nilai transaksi.
Nah, itu dia seluk beluk informasi membeli rumah lewat agen properti. Apakah Anda sudah mantap akan menggunakan jasa agen properti untuk membeli rumah? Apakah Anda sedang dalam proses memilih agen properti terbaik? Pastikan Anda menerapkan tips-tips di atas agar transaksi rumah idaman berjalan lancar dan aman, ya.

Sumber : https://www.rumah.com/panduan-properti/tips-aman-beli-rumah-lewat-agen-properti-19587

Pos terkait

Tertekan Paling Dalam Tahun Ini, Sektor Properti Bakal Rebound Duluan di 2021

Dwi Nicken Tari - Bisnis.com Bisnis.com, JAKARTA – Sektor properti diperkirakan menjadi salah...

Lanjutkan membaca
administrator
oleh administrator

5 Peluang Investasi Paling Menguntungkan di Tahun 2021

Tahun 2020 mungkin menjadi salah satu tahun yang cukup berat bagi banyak orang. Adanya pandemi...

Lanjutkan membaca
administrator
oleh administrator

Kabar Baik! Jurus Sri Mulyani Bikin Properti Bakal Cuan 2021

  Market - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia 14 December 2020 09:23 Jakarta, CNBC...

Lanjutkan membaca
administrator
oleh administrator