Bandingkan Daftar

5 Peluang Investasi Paling Menguntungkan di Tahun 2021

5 Peluang Investasi Paling Menguntungkan di Tahun 2021

Tahun 2020 mungkin menjadi salah satu tahun yang cukup berat bagi banyak orang. Adanya pandemi COVID-19 memberikan dampak signifikan terhadap berbagai sektor, terutama sektor ekonomi dan finansial masyarakat. Menyiasati hal tersebut, sebagian orang mulai mengambil peluang investasi.
Melalui investasi tersebut, diharapkan kondisi finansial tetap stabil di masa pandemi dengan adanya passive income. Lalu, peluang investasi apa saja yang menguntungkan di tahun 2021 mendatang yang bisa dicoba? Berikut beberapa di antaranya.

Investasi Properti

Dari dulu hingga sekarang, properti masih dianggap memiliki peluang investasi yang sangat tinggi. Ini dikarenakan properti adalah jenis investasi yang tidak mudah tergerus kondisi zaman, termasuk pada masa pandemi seperti saat ini. Selain itu, nilai investasinya cenderung tumbuh positif.
Hal itu terjadi karena setiap tahun orang pasti akan memerlukan tempat tinggal. Jika Anda memiliki properti yang tidak digunakan di tahun 2021, maka tidak ada salahnya untuk menyewakannya kepada orang lain. Apalagi jika lokasinya strategis. Tak hanya itu saja, investasi properti dapat dicairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkan dana darurat dalam jumlah besar.

Investasi Emas

Selanjutnya, peluang investasi menguntungkan setelah properti ialah emas. Kondisi ekonomi dunia yang fluktuatif dengan adanya perang dagang hingga pandemi membuat seseorang lebih memilih peluang investasi dalam bentuk nyata. Dalam hal ini, apa yang diinvestasikan dapat dilihat fisiknya, seperti emas.
Sejak tahun 2019 hingga tahun 2020 ini, emas banyak dipilih karena masih memiliki keunggulan sebagai investasi safe haven. Terlebih lagi pada saat kondisi ekonomi kurang baik. Pergerakan harga emas pun cukup stabil, meskipun terkadang mengalami penurunan walau tidak begitu besar. Jika Anda sebelumnya sudah berinvestasi emas, maka bisa dilanjutkan pada tahun 2021 mendatang. Sementara itu, bagi Anda yang baru memulai investasi ini, sebaiknya mulailah dengan mengoleksi emas dalam jumlah kecil terlebih dahulu.

Deposito

Lalu, bagaimana dengan investasi tak kasat mata seperti deposito? Berbagai penilaian dari pengamat dan pelaku usaha menyebutkan jika deposito tidak begitu terdampak dari adanya pandemi. Kemudian, deposito dirasa lebih aman karena dikelola secara transparan dengan pengawasan ketat dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Memang, untuk keuntungan peluang investasi deposito berkisar pada 5%-7% per tahunnya. Meski begitu, jika dikelola dengan baik, maka akan menjadi passive income yang menjanjikan, bukan?
Hal yang harus diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk memilih investasi ini adalah pikirkanlah secara matang. Sebaiknya, jangan menarik dana saat investasi berjalan. Ini tentu akan membuat Anda terkena biaya penalti bila menarik sebelum masa tenor habis. Bahkan, jika penarikannya dalam jumlah besar, bisa jadi membuat Anda kehilangan potensi investasi menguntungkan.

Reksadana

Reksadana juga diprediksi bakalan menjadi peluang investasi cukup menguntungkan pada tahun 2021. Sebenarnya, jenis investasi ini mirip dengan investasi deposito. Perbedaannya, untuk reksadana, besaran dana yang akan disetor dikumpulkan melalui konsorsium. Lalu, dana yang telah terkumpul akan dikelola oleh manajer investasi dalam bidang bisnis tertentu. Nantinya, manajer investasi juga yang akan membagikan keuntungan investasi pada peserta konsorsium.
Di masa pandemi seperti sekarang, ada baiknya Anda tidak perlu panik hingga melakukan pencairan atau redemption reksadana sebab akan terjadi penurunan aset. Dianjurkan bagi Anda yang memiliki reksadana pada masa sekarang untuk melakukan top up karena adanya peluang nilai unit investasi terdiskonto. Atur juga mengenai risiko dan jangka waktunya sesuai kebutuhan.

Saham

Peluang investasi menjanjikan yang terakhir di tahun 2021 adalah saham. Saham termasuk investasi menguntungkan dikarenakan beberapa faktor. Di antaranya adalah banyak pengamat menilai bahwa recovery ekonomi tahun 2021 suku bunganya diprediksi masih rendah. Selain itu, likuiditas pasar cenderung baik.
Kondisi tersebut dinilai menguntungkan bagi pasar modal, walaupun dampaknya berbeda di tiap saham maupun obligasi. Investasi saham pun menurut pengamat dinilai bisa tumbuh lebih baik jika dibandingkan dengan obligasi. Tak hanya itu saja, banyak investor juga mulai melirik saham yang ada di Indonesia karena berakhirnya Pemilu Presiden yang ditengarai menjadi angin segar bagi keberlangsungan investasi saham.

Bagaimana, sudahkah Anda memikirkan peluang investasi apa yang tepat di tahun 2021? Sebenarnya, investasi apapun yang Anda pilih tidak masalah asalkan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan finansial.

Pos terkait

Tips Aman Beli Rumah Lewat Agen Properti

Baru-baru ini, seorang calon konsumen properti melaporkan aksi penipuan yang dilakukan saat beli...

Lanjutkan membaca
administrator
oleh administrator

Tertekan Paling Dalam Tahun Ini, Sektor Properti Bakal Rebound Duluan di 2021

Dwi Nicken Tari - Bisnis.com Bisnis.com, JAKARTA – Sektor properti diperkirakan menjadi salah...

Lanjutkan membaca
administrator
oleh administrator

Kabar Baik! Jurus Sri Mulyani Bikin Properti Bakal Cuan 2021

  Market - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia 14 December 2020 09:23 Jakarta, CNBC...

Lanjutkan membaca
administrator
oleh administrator